Kiddos, Travel

4D3N BANGKOK WITH TODDLER

Hi , Assalamualaikum..

Alhamdulillah kali ini bisa diberikan kesempatan membahagiakan si buah hati untuk melihat lebih jauh lagi berbagai keindahan, perbedaan dan keberagaman dalam setiap perjalanan..

Trip ke Bangkok kali ini agak berbeda karena membawa toddler dengan flight hampir 4 jam untuk pertama kalinya, untungnya tips and trick yang sudah kami pelajari berhasil membawa delisha aman dan nyaman selama berada di pesawat. https://dantiardhita.com/2019/07/06/tips-tricks-agar-anak-nyaman-di-pesawat-saat-perjalanan-jauh/?preview=true

Karena alasan membawa toddler , kami tidak ikut trip dengan pertimbangan agar waktu lebih leluasa dan sebagainya.
Bermodalkan berselancar di dunia maya , tersusunlah realisasi BANGKOK 4D3N with KIDS berikut💕

#BANGKOK with kids DAY 1

Hari pertama kami start flight dari soekarno hatta pukul 12.00 sampai di Bandara don mueang pukul 15.30.
Sampai di bandara kami langsung menuju counter SIM untuk pembelian SIM card Thailand dengan harga 170 baht dan langsung dibantu pemasangannya,
dan ternyata jaringannya mantap. Malahan bisa digunakan untuk tethering 2 koneksi lagi hahaha.

Sebenarnya saya ingin mencoba UNISIM, jadi sim card ini sudah dibuat pernegara dan harus dibeli sebelum keberangkatan jauh2 hari , beda negara beda harga juga. Namun saat ingin memesan untuk tujuan Thailand sudah sold out dengan harga 130 ribu. Ya jika dibandingkan memang lebih murah langsung di bandara Thailand yaitu dalam rupiah sekitar 85 ribu dan unlimited. Mamak nggak menyesal kalo gitu hahaha.

Dari bandara menuju hotel kami menggunakan jasa taxi online GRAB, sangat bersyukur Grab sudah ada disini dan jadi lebih mudah bepergian jika tidak tahu rute public transportation. Karena area hotel kami sama2 di don muang hari pertama dan total 4 orang , maka lebih murah dan praktis menggunakan taksi online. Jika hotel yang kalian pesan di daerah chatuchak, pratunam, dll (area ini lebih ramai karena dekat dengan wisata belanja) Ada transportasi bus kemudian menyambung ke BTS Sky Train station yaitu bisa naik Bus A1 dari station bus don muang market kemudian turun di halte Bus Mo Chit , di atasnya sudah langsung terintegrasi ke station BTS Mo Chit, yang rute nya bisa di lihat map BTS untuk menuju ke berbagai area . Sesampainya di hotel karena sudah cukup sore dan khawatir delisha kelelahan akhirnya kita putuskan untuk staycation di hotel dan sekitarnya. Di bangkok, Seven eleven sangatlah mudah dijumpai di berbagai daerah, tidak seperti di indonesia yang perlahan mulai tutup semua 😂

Ada juga minimarket bernama TESCO LOTUS yang ukurannya agak lebih besar dari Sevel.

Untuk waktu antara Indonesia dan Thailand tidak ada perbedaan , namun waktu shalat magrib di Bangkok jam 7 dan isya jam 8, tetapi shubuhnya jam 4. Jadi seperti total waktu sore yang lebih panjang dan malam yang lebih sedikit.

Jangan lupa untuk download arah kiblat dan waktu sholat ya bagi kalian yang muslim, karena memang disana sangat jarang masjid , kecuali di tempat wisata atau mall / bandara.

Untuk makanan halal pun terbilang cukup sulit ditemukan kalau di area don mueang , karena saat hari ke3 naik BTS , kami bertemu dengan muslimah thailand, dia jg mengenakan hijab, jd ketika melihat saya , dia dengan ramah menanyakan dari negara mana,dsb. Dia mengatakan bahwa lebih baik membawa makanan sendiri seperti saat dia bekerja untuk makan siang, karena hanya ada beberapa daerah yg benar2 mayoritas muslim di bangkok dan mengerti apa arti halal, hanya 3 daerah kalau tidak salah. Hari pertama kami memesan premeal di pesawat jadi bisa kami makan di hotel juga. Menurut saya disini peran QUAKER OAT, POP MIE, BUBURIA, SUPER BUBUR, KOKO CRUNCH,CORN FLAKES sangatlah penting , karena jika kesulitan cari makanan halal kita punya backup di hotel. Dan jika ingin aman bawa lauk kering itu sangat lebih membantu juga, bisa menghemat budget juga kan, bisa kentang mustofa kering, orek tempe kacang kering, dan toddler food lainnya.😂 (emaklife)

Untuk makanan baby atau susu jangan khawatir saat pemeriksaan bagasi di bandara, karena saat di soekarno hatta ataupun bandara don mueang , tas kecil delisha yg sudah saya jadikan satu yg berisi susu , makanan, minuman dan perlengkapan bayi tidak di permasalahkan. Karena delisha minum susu ultra mimi yg bentuknya cair bukan susu bubuk awalnya saya khawatir apa bisa saya bawa di tas anak 4 kotak susu ulta mimi (@125 ml) untuk cadangan 1 hari .

Tapi memang selama ini jika berkaitan dengan baby or toddler equipments saya tidak pernah mendapatkan masalah soal itu di bandara , pernah juga saat dulu membawa ASIP hasil pumping saat dinas pun tidak dipermasalahkan dengan jumlah sekitar 800 ml.

#BANGKOK with kids DAY 2

Hari kedua adalah full day di DREAM WORLD BANGKOK, banyak yang menyebutnya sebagai DISNEYLAND nya BANGKOK. Untuk tiket kami sudah membeli terlebih dahulu via tiket.com atau bisa juga di klook dengan harga yang pastinya lebih murah dibandingkan on the spot di tempat wisata.

Untuk anak di bawah 90cm masih free juga jadi delisha tidak wajib membeli tiket.
Jika membeli langsung harga tiket Dream world 1000 baht per orang, sekitar 500ribu rupiah, namun di tiket.com bisa dapat 200rb an per orang sudah termasuk SNOW TOWN hihi jauh bukan bedanya hampir 2x lipat. (Mamak tambah bahagia 😂)
Kita tinggal menunjukkan dan menukarkan e-ticket yang sudah dikirimkan by email kepada receptionist khusus wisatawan luar thailand dan akan diberikan maps DREAM WORLD dan tiket masuk Snow Town juga.

Sesampainya di dalam disuguhkan dengan badut2 ,permainan, boneka, spot foto instagramable serta air mancur , yang menambah kegembiraan sang anak. Banyak arena yang masih bisa dinaiki oleh delisha, jadi dia juga sangat happy dan excited. Apalagi orang tuanya , begitu banyak wahana dari yang biasa hingga yang ekstrim tersedia seperti di dufan jadi sudah all in package for family holiday.

Di dream world juga terdapat Muslim room atau musholla, Nama ‘Muslim room’ atau ‘prayer room’ lebih terkenal di berbagai tempat umum di Thailand, Karena memang agama islam masih termasuk minoritas disana.
Jangan lupa menggunakan sunscreen, topi atau kacamata disana karena cuaca yang cukup terik.

Ketika hampir semua wahana dinaiki , tinggal yang terakhir adalah SNOW TOWN , yeay delisha bermain saljuu, kami tidak terlalu lama disana karena khawatir delisha kedinginan.

Tapi ternyata malah saya yang kedinginan haha sampai2 mau langsung keluar lagi dari arena salju. Wahana di dalamnya juga ada berseluncur, bermain hujan salju dll.

Berikut adalah compile beberapa video DREAM WORLD BANGKOK.

https://youtu.be/evkizu9Dd6M

#BANGKOK with kids DAY 3

Asiatique the river front , wat pho, wat arun adalah schedule kami #Day 3 yaitu satu tempat yang berdekatan dan bisa dijangkau dengan naik BTS dan disambung dengan Boat menyusuri Chaopraya River. Karena kami dari area don muang, maka kami naik Grab terlebih dulu ke BTS Mo Chit kemudian turun di BTS Saphan Taksin total 137 baht untuk 3 orang naik BTS , karena anak kecil di bawah 120 cm (kalau tidak salah) itu masih free , menyambung naik Boat dengan tiket 20 baht per orang (total 60 baht) turun di wat pho / wat arun (dermaganya berdekatan) , yg terpenting untuk asiatique wisatanya buka dari sore hingga malam hari jadi bisa diselipkan di tujuan akhir.

Untuk menuju ke asiatique dari wat pho / wat arun, ditempuh dengan naik boat lagi yang lebih premium (Icon Siam kalau tidak salah nama boatnya) dengan harga 60 baht per orang.

Tiket masuk wat pho yaitu 200 baht per orang free mineral water.Disana delisha menjadi perhatian beberapa orang mungkin karena rambut keriting delisha, mereka menyapa ramah dengan say Hi dan menunjuk rambutnya 😂 bahkan sampai ada tokoh agama di sana say Hi juga dan memberikan minuman seperti es syrup merah karena akan ada acara, jadi banyak makanan dan minuman, tapi untungnya karena delisha sangat anti dengan orang baru , jadi dia menolak dan saya yg menerimanya, namun setelah jauh saya berikan minuman itu ke security setempat karena tidak tahu juga isinya apa sebenarnya 😂
Setelah merasa cukup di wat pho, kita lanjut ke Asiatique.

Saat tiba di asiatique kami langsung menyerbu food market nya dan Alhamdulillah banyak halal food disana. Setelah perut kenyang waktunya bermain dan melihat sekitar, sampai ada di satu titik saya mendengar banyak orang berbahasa Indonesia di satu toko , penjualnya pun bisa berbahasa Indonesia walaupun asli Thailand, ternyata toko oleh2 itu sangat sering didatangi wisatawan Indonesia , sampai transaksi pun bias menggunakan mata uang rupiah. Untuk oleh2 kerajinan tangan (selain makanan) toko ini lebih murah dibandingkan pratunam dan chatuchak market. Namanya Toko KON FAI.

Akhirnya kami pulang dan mencoba wisata transportasi TUK TUK yang terkenal di Thailand, itu terjadi secara tidak sengaja karena sebelumnya kami kesulitan untuk order taksi. Dari asiatique hingga stasiun BTS Saphan Taksin 150 Baht , cukup murah dibandingkan di wat pho dan wat arun yang membanderol harga yang lebih tinggi hanya untuk beberapa jarak meter saja.

Berikut compile video Bangkok Day 3

https://youtu.be/LtNhssdFqyY

#BANGKOK with kids DAY 4

Tujuan hari ke 4 adalah ke pratunam dan chatuchak market , kami tidak mempunyai terlalu banyak waktu karena flight kami jam 5 sore. Jadi sesampainya disana , kami membeli oleh2 khas seperti thai tea, yang terkenal merk nya disana adalah Cha Tra Mue dan Nest Tea, ada juga cumi kering , dll.

Untuk oleh2 makanan, lebih murah di Big C, Big C ini seperti Supermarket yang ada di mall daerah pratunam.

Dan untuk fashion , lebih banyak pilihan di chatuchak market untuk harga tidak terlalu jauh berbeda.Kami juga ke JJ Mall dan mencoba wisata kuliner halal seperti Pad Thai , buah segar, dll.

Di dekat JJ Mall juga ada Children Discovery Museum yang juga bisa dimasuki untuk menambah kegembiraan anak anda.

Sekian sharing trip dari kami semoga membantu dalam perencanaan perjalanan ke bangkok.

See you in another trip 💞

You may also like...

9 Comments

  1. seru bgt ya jalan2 ke bkk nya.. aku msh blm pede ngajak toodler jalan2 ke LN hihi..

  2. Seru banget ya, Mom, jalan jalan di Bangkok. Gak nyobain serangga goreng yang terkenal itu ya mom?

  3. Aku juga pernah nulis tentang wisata ke Bangkok sama anakku. Banyakan belanja tapi :))) Jadi kangen Bangkok deh. Masih pengen belanja di Chathucak dan Pratunam hahaha

  4. Thanks loh mam untuk sharingnya.. Semoga someday bisa ajak si 2 anak gemesku ini ke bangkok juga.. Tempat wisata disana kan bagus2 yaa..

  5. Suka ikut kebawa suasana happynya deh kalau baca tulisan tentang traveling gini, apalagi udah lama banget gak traveling. Tadinya tahun ini kami sekeluarga juga berencana ke BKK Mom, qadarullah tertunda dulu karena Corona hiks..

  6. dhestiana says:

    Seru ya trip k bangkok. Ini trip sendiri atau open trip mom ? Harganya ga d cantumin lebih enak kalo harga d cantumin

  7. Winda Ersy says:

    Masyallah..seru bnget ya moms.. makasih lhoo bikin aq jd bersnotalgilaa sewaktu trip di bangkokk.. semoga bsa ksana lagii bawa si bocill

  8. gak kebayang flight ke bangkok jadi 4 jam kalau dari jakarta mom. dulu waktu Omar masih 5 bulan, aku ke bangkok perginya dari KLIA. dan waktu ke bangkok dulu, aku ngehabiskan waktu hampir satu minggu cuma di hotel aja 😀 karena saat itu warga thailand lagi bergabung dengan wafatnya raja mereka. jalanan sepi. sempat aku tuh pergi ke asiatique, tapi sepi banget. beruntung banget kamu 4 hari disana bisa menikmati banyak hal. BTW kamu sekeluarga gak nyobain naik ferrish whealnya mom? seru tahu bisa lihat sungai dari atas hehehe

  9. Waaah seru banget bisa traveling with kids… Thanks tips n triknya… Berguna banget buat aku yang suka jelong2 sama duo bocil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *